www.dealerresmisuzuki.com
Dealer Resmi & Bengkel Mobil Suzuki
Phone: 08118781515

Wednesday 29 May 2013

Cara atau Tips Merawat Aki Mobil



Aki merupakan bagian terpenting dari sebuah kendaraan, terkadang kita sering lupa melakukan pengecekan kelistrikan mobil kita atau bahkan banyak dari kita yang belum tau bagaimana cara merawat aki mobil agar tetap awet. Pada pagi hari mobil sulit distarter, adalah salah satu akibat yang ditimbulkan dari:

  1. Clamp pengikat kutub + dan - aki yang kurang kencang, atau tombulnya kerak putih pada kepala aki
  2. Kondisi air accu (electrolit) yang kurang sesuai dengan batas minimumnya
  3. Bagian bodi accu menggembung atau bocor

Tips:

  • Lakukan pengecekan air aki secara rutin, tambah air aki jika berkurang
  •  Bersihkan terminal aki jika terdapat kerak berwana putih

Gunakan aki kering atau Free Maintenance Accu, karena aki kering ini tidak memerlukan penambahan air aki, tapi aki model ini memiliki kekurangan yaitu rentan terhadap panas mesin apabila tegangan sudah drop tidak bisa dicharge ulang.

AIR ACCU SERING BERKURANG ?

Apakah anda sering menambah jumlah air aki mobil anda? Itu berarti ada yang tidak beres ada yang tidak beres dengan aki mobil anda, tanda-tandanya air aki mobil anda jauh lebih cepat berkurang jumlahnya bila dibandingkan dengan mobil teman anda. Itu semua bisa disebabkan oleh beberapa hal:

Adanya kebocoran pada aki, apabila terdapat keretakan pada kotak aki maka akan merembes keluar. dalam hal ini aki harus diganti atau direparasi.

Aki dimuati melebihi batas. Hal ini karena penyetelan regulator tegangan kurang tepat sehingga pemuatan melebihi batas. Jika ini terjadi maka air aki akan menjadi panas sehingga air aki akan meluap dan mengalir keluar melalui tutup-tutup aki. Dengan demikian maka air aki akan cepat berkurang. Disamping itu, lampu-lampu akan cepat mati dan kontak-kontak pemutus arus yang ada dalam distributor akan cepat menjadi kasar. Jika hal ini terjadi, sebaiknya kirimkan kendaraan anda ke bengkel.

Klik

0 comments "Cara atau Tips Merawat Aki Mobil", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment